Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 02 Oktober 2011

TUGAS METODE RISET Pertemuan ke-2



METODE RISET 2
Inilah hasil review analisis yang telah saya lakukan.
  • Judul, Nama Pengarang, tahun
  1. Analisis kepuasan konsumen restoran ayam geprek istimewa bogor,Karina Kartika Sari,2009
  2. Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen restoran Pulau Dua, Gretel Griselda, 2007
  3. Pengaruh kualitas produk dan tingkat kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan TELA KREZZ cabang Bekasi,Agly Satrio Hutomo,2009.

  • Latar Belakang Masalah
a) Fenomena
1.      Perkembangan jumlah restoran di kota bogor mengalami peninngkatan tiap tahunnya. Salah satu jenis restoran yang memiliki potensi berkembang adalah restoran tradisional.
2.      Era globalisasi telah mengakibatkan meningkatnya standar pelayanan yang berpengaruh juga terhadap meningkatnya ekspetasi konsumen ,sehingga persaingan perusahaan yang adapun semakin ketat.
3.      Dewasa ini dunia usaha sangat berkembang dengan pesat, hal ini disebabkan adanya  ide kreatif dan inovatif.

b) Penelitian Sebelumnya
1.      Diketahui jumlah restoran tradisional di kota Bogor pada tahun 2007 berjumlah 40 restoran dengan persentase kenaikan sebesar 8,11%, walaupun pada tahun 2006 terjadi penurunan persentase laju pertumbuhan dari tahun sebelumnya.
2.      Para wiraswasta berlomba-lomba memberikan nilai tambah pada produk mereka agar semakin menarik dimata konsumen dan meningkatkan pelayanan dengan cara mereka masing-masing(SWA,2005,swa.co.id)
3.      Kegiatan pemasaran sekarang sudah mulai difokuskan pada pemuasan kebutuhan konsumen.

c) Motivasi Penelitian
1.      Agar dapat memberikan feedback dalam menyusun strategi yang tepat dalam untuk meningkatkan kepuasan konsumen terutama pada faktor-faktor yang dianggap penting oleh konsumen.
2.      Untuk mendapatkan ataupun meningkatkan tingkat kepuasan konsumen,dengan harapan akan melakukan pembelian kembali.
3.      Jenis usaha makanan ini di Bekasi sangat memberikan peluang bagi para pengusaha. Hal ini dapat dilihat dari semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis usaha makanan ringan.

  • Masalah
1.      Berkembangnya bisnis usaha restoran menyebabkan persaingan yang ketat diantara berbagai jenis restoran.
2.      Telah diketahui bahwa restoran ini juga mengedepankan kepuasan konsumen dan kuesioner yang mengukur kepuasan pun kerap kali ,dibagikan secara berkala ,namun hal itu berhenti sejak 4 tahun yang lalu.
3.      Semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis usaha makanan ringan.
  •  Tujuan Penelitian
1.      Menganalisis kepuasan konsumen restoran ayam geprek istimewa.
2.      Penelitian ini bertujuan untuk menarik minat konsumen untuk kembali mendapatkan kepuasan konsumen yang memuaskan.
3.      Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan.
  • Metode Penelitian
# Data dan Sample
  1. Data   jurnal 1
Pengambilan sampel responden dalam penelitian ini menggunakan teknik
judgement sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan
terlebih dahulu merumuskan kriteria-kriteria yang digunakan sebagai acuan
penarikan sampel. Kriteria konsumen yang dijadikan responden adalah sebagai
berikut:
1. Konsumen sudah pernah melakukan pembelian di Restoran Ayam Geprek
Istimewa minimal tiga kali.
2. Konsumen dinilai cukup dewasa untuk diwawancarai dan mengisi kuesioner
(17 tahun ke atas).
3. Dalam satu rombongan keluarga hanya diambil satu orang yang menjadi
responden dalam penelitian agar jawaban dalam kuesioner tidak saling
mempengaruhi.
4. Dalam satu rombongan teman atau kenalan, pengisian kuesioner dapat dilakukan pada masing-masing orang.

  1. Data jurnal 2

  1. Data jurnal 3
Metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode simple random sampling, yaitu teknik sampling dimana peneliti mempunyai pilihan pribadi dalam memilih individu yang akan menjadi anggota sampel.


# Variable
1. Variable pada Jurnal pertama




Di atas adalah variable yang di ambil dari hasil Data analisis kepuasan konsumen pada restoran ayam geprek istimewa.
2.Variabel pada jurnal kedua

Di atas adalah variable yang di ambil dari hasil Data analisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen restoran Pulau dua.
3.Variabel pada jurnal ketiga



# Tahapan Penelitian
  1. Pada Jurnal Pertama: a) Pengumpulan data b) pengujian kuisioner c) Uji validitas
  2. Pada Jurnal Kedua : a) Pengaruh faktor tangible,realibility,responsiveness,assurance dan emphaty b) pengaruh kualitas layanan c) Faktor kualitas layanan yang paling berpengaruh
  3. Pada Jurnal Ketiga : a) Penarikan sampel b) Analisis data.
# Model Penelitian
1. Pada Jurnal Pertama

2 . Pada jurnal kedua

3.Pada jurnal ketiga
 


  • Hipotesis
1.      Hipotesis pada jurnal pertama “Penurunan trend penjualan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya dikarenakan konsumen tidak puas dengan kinerja restoran sehingga tidak melakukan pembelian ulang dan berpindah menjadi pelanggan restoran lain.”
2.      Hipotesis pada jurnal kedua “ pulau dua restoran ini memiliki penjualan cukup besar serta cukup stabil dari tahun ke tahun “
3.      Hipotesis pada jurnal ketiga : “Bekasi merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak sekali jenis usaha makanan ringan, salah satunya adalah jenis makanan Tela Krezz yang terbuat dari bahan baku singkong yang disajikan dengan kemasan yang menarik, sehingga mengundang selera konsumen untuk mencoba jenis makanan tersebut.

  • Hasil & Analisis
1.      Pada Jurnal Pertama: Konsumen merasa puas dengan kinerja Restoran Ayam Geprek Istimewa. Hal ini juga terlihat nilai total kuesioner yang berada pada rentang skala puas dengan nilai 4.153 dan dari 11 variabel yang diteliti terdapat tujuh variabel responden (kandungan rempah, rasa gurih, garing, empuk, harga produk, kebersihan restoran, dan kemudahan mencapai lokasi terbanyak pada kategori puas, empat variabel (kecepatan pelayanan, kemudahan memperoleh tempat parkir, kemudahan memperoleh tempat duduk, kesigapan pelayan) pada katergori biasa saja.
2.      Pada jurnal kedua : Dari hasil penelitian itu,dapat dilihat bahwa dari kelima variabel independent yang ada semuanya memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.
3.      Pada Jurnal Ketiga : Kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela Krezz.

  • Implikasi
1.      Pada Jurnal Pertama: Kualitas produk ayam geprek memiliki pengaruh terbesar dalam membangun kepuasan konsumen. Keunikan dan kekhasan rasa ayam geprek yang diciptakan Restoran Ayam Geprek Istimewa membuat konsumen tertarik mencoba dan puas sehingga melakukan pembelian ulang di Restoran Ayam Geprek Istimewa.
2.      Pada Jurnal Kedua :  Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh,baik pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan dari faktor tangible terhadap kepuasan konsumen di restoran pulau dua.
3.      Pada Jurnal Ketiga : Dari perspektif kualitas produk, maka outlet Tela Krezz harus tetap menjaga mutu kualitas produk tersebut, agar mampu menghasilkan pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela Krezz.
Sumber:
http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=54400&idc=28
http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/13206/H09kks.pdf?sequence=2
http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/economy/2009/Artikel_10205061.pdf
NAMA : YUSUF MAULANA MALIK IBRAHIM
NPM : 16209431
KELAS : 3EA11
Tugas Ini di berikan oleh Pak Prihantoro



0 komentar:

Posting Komentar