Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 30 Oktober 2011

Revisi Tugas Metode Riset (Jurnal BAB III)

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

Data dan sampel

Metode Pengumpulan Data

Dalam penelitian ini diperlukan sejumlah data yang berhubungan dengan masalah penelitian. Ada dua jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Kedua jenis data tersebut adalah :
a. Data Primer
Data primer adalah data yang diperoleh dari sumber utama dari individu seperti hasil wawancara atau hasil pengisian kuesioner yang berhubungan langsung dengan masalah penelitian yang dilakukan oleh peneliti (Siagian dan Sugiarto, 2002). Data primer pada penelitian ini didapat dari penyebaran kuesioner kepada responden, yaitu pelanggan Telkom.
b. Data Sekunder
Data sekunder adalah data primer yang sudah diperoleh atau tersedia oleh pihak lain yang berguna untuk memberikan gambaran tambahan, gambaran pihak lain yang berguna untuk diproses lebih lanjut (Siagian dan Sugiarto, 2002). Data sekunder dalam penelitian ini digunakan sebagai pendukung data primer. Dalam hal ini data sekunder berupa profil perusahaan, profil produk dan data pelanggan.

Metode Penentuan Sampel

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling, yaitu teknik sampling (teknik pengambilan sampel) yang memberikan peluang yang sama bagi setiap individu populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik probability sampling yang digunakan adalah metode simple random sampling, yakni teknik pengambilan sampel yang
dilakukan secara acak random sampling, yakni teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu (Sugiono, 1999).

Variabel & indikator

Variabel yang digunakan sebagai konstruk penelitian adalah variable persepsi kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Hubungan Variabel dan indikatornya dapat dilihat pada Tabel 2.1. di bawah ini.
               

Hipotesis dan Definisi Operasional

Hipotesis
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah :
Hipotesis 1 : “Persepsi Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan”
Hipotesis 2 : “Citra Perusahaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan”
Hipotesis 3 : “Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan”

Definisi Operasional Variabel dan Indikator Variabel

Definisi operasional variabel dan indikator variabel disusun untuk memberikan pemahaman akan konstruk yang dipergunakan pada penelitian ini. Kesemuanya dijabarkan pada Tabel 2.2. di bawah ini.

Model penelitian

Dalam metode simple random sampling, semua pelanggan TELKOM  memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Jumlah sampel ditetapkan dengan menggunakan rumus RAO (1996), yaitu :


Dari rumus diatas sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini berjumlah 100 pelanggan, hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Hair dkk( 1995, dalam Ferdinand, 2002) bahwa jumlah sampel dengan mengunakan SEM adalah berjumlah 100-200, dari yang kami sebarkan ada 120 responden yang kembali 115 responden dan 4 responden tanggapanyasangat extrem sehingga yang layak untuk penelitian berjumlah 111 pelanggan.


TEKNIS ANALISIS

PENGUJIAN RELIABILITAS dan VALIDITAS

Uji reliabilitas adalah indeks yang menunjukkan sejauh mana suatu alat ukur dapat menghasilkan pengukuran yang reliabel (dapat dipercaya). Reliabilitas pada prinsipnya menunjukkan sejauh mana pengukuran tersebut dapat memberi hasil yang relatif tidak berbeda bila dilakukan pengukuran kembali terhadap subyek yang sama (Husein Umar, 1999). Pengukuran reliabilitas dilakukan dengan cara One Shot atau pengukuran sekali saja yang
berarti pengukuran hanya dilakukan sekali saja dan kemudian hasilnya dibandingkan dengan pertanyaan lain atau mengukur korelasi antar jawaban pertanyaan. Uji reliabilitas konstruk dalam SEM diperoleh melalui rumus Hair et. El (1995,p.642).

Uji Validitas dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana ketepatan alat ukur penelitian tentang isi atau arti sebenarnya yang diukur (Husein Umar,1999). Uji Validitas dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengkorelasikan antara skor tiap butir pertanyaan dengan skor total yang merupakan jumlah skor tiap butir (Imam Ghozali, 2001).

Daftar pustaka :

1)      Aaker, David A. (1991), Managing Brand Equity:Capitalising on the Value of Brand Name, The Free Press, New York,NY.
2)      Anderson, Fornel dan Lehmann, 1994: Consumer Satisfaction, Market Share and Profitability Finding from Sweden, New York, Journal of Marketing; Vol 58, p. 53 – 66.
3)      Jack Trout, 2001,”Differentiate or Die”, Erlangga, p. 31.
4)      James H. Mc Alexander, Stephen K. Kim, Scott D. Roberts, 2003,”Loyalty:The Influence of satisfaction and brand community integration”, Journal of Marketing Theory and Practice.
7)      Arif Budiman, 2004. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Telkom Cabang Sragen. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi UGM.
8)      Berman, Barry, 2005, How to Delight Your Customers, California Management Review, Vol 48. No. 1.

NAMA : YUSUF MAULANA MALIK IBRAHIM
NPM : 16209431
KELAS : 3EA11
Tugas Ini di berikan oleh Pak Prihantoro

0 komentar:

Posting Komentar