Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 07 November 2011

Tugas Metode Riset ( Jurnal BAB IV )


BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

Deskripsi/gambaran objek penelitian

Pada penelitian ini pelanggan Telkom di  Gedung Is Plaza Lt 6, Jakarta Timur  dipilih menjadi objek penelitian. Agar akurasi hasil penelitian terjamin, maka penelitian ini mensyaratkan usia menjadi pelanggan Telkom minimal selama 1 tahun agar asumsi pemahaman konteks dan materi penelitian dapat lebih akurat. Dari kuesioner yang disebarkan kepada 120 orang responden, yang mengisi dan sebanyak 111 responden mengembalikan kuesioner serta
layak untuk diolah dalam penelitian ini. Data statistik deskriptif hasil jawaban responden dapat dilihat dalam tabel 4.1 di bawah ini.
Hasil perhitungan

Uji Reliabilitas dan Variance Extract

Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas adalah sebuah uji yang hasilnya merupakan informasi sejauh mana suatu alat ukur yang dapat memberikan hasil yang relatif sama jika pengukuran pada objek penelitian yang sama dilakukan kembali. Nilai reliabilitas minimum dari dimensi pembentuk variabel laten yang dapat
diterima adalah ≥ 0,70. Untuk mendapatkan nilai tingkat reliabilitas dimensi pembentuk variabel laten maka rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: 
Keterangan:
- Standard Loading diperoleh dari Standardized Loading untuk setiap indikator yang didapat dari hasil perhitungan AMOS 4.01.
- Ej adalah Measurement Error dari setiap indikator. Measurement Error dapat diperoleh dari perhitungan: 1 - (Standard Loading)
 

 Perhitungan reliabilitas data : 

 
Analisis
Berdasarkan hasil pengukuran reliabilitas data diperoleh nilai reliabilitas data dalam penelitian ini memiliki nilai ≥ 0,7. Dengan demikian penelitian ini dapat diterima.

Variance Extracted
Dalam penelitian ini dilakukan pula pengukuran mengenai variance extracted yang menunjukkan jumlah varians dari indikator -indikator yang diekstraksi oleh konstruk laten yang dikembangkan. Adapun nilai variance extracted yang dapat diterima adalah > 0,5 dan rumus yang digunakan adalah sebaQai berikut (Ferdinand 2002) : 
 Perhitungan Variance Extract : 
 
Analisis
Berdasarkan hasil perhitungan variance extract diperoleh hasil bahwa tingkat variance extract pada masing-masing variabel > 0,50. Dan secara umum dapat disimpulkan bahwa indikator-indikator yang digunakan sebagai observed variable relatif mampu menjelaskan variabel laten. Yang dibentuknya.
 
Daftar pustaka :

1)      Aaker, David A. (1991), Managing Brand Equity:Capitalising on the Value of Brand Name, The Free Press, New York,NY.
2)      Anderson, Fornel dan Lehmann, 1994: Consumer Satisfaction, Market Share and Profitability Finding from Sweden, New York, Journal of Marketing; Vol 58, p. 53 – 66.
3)      Jack Trout, 2001,”Differentiate or Die”, Erlangga, p. 31.
4)      James H. Mc Alexander, Stephen K. Kim, Scott D. Roberts, 2003,”Loyalty:The Influence of satisfaction and brand community integration”, Journal of Marketing Theory and Practice.
7)      Arif Budiman, 2004. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Telkom Cabang Sragen. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi UGM.
8)      Berman, Barry, 2005, How to Delight Your Customers, California Management Review, Vol 48. No. 1.

NAMA : YUSUF MAULANA MALIK IBRAHIM
NPM : 16209431
KELAS : 3EA11
Tugas Ini di berikan oleh Pak Prihantoro

0 komentar:

Posting Komentar