Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 17 November 2012

Tugas 2 Etika Bisnis




Disini saya diumpamakan sebagai seorang Manager dari sebuah band yang baru masuk perindustrian musik Indonesia  dan dituntut untuk bisa membawa band ini masuk dalam chart musik nasional.
a) Bagaimana anda menjual produk (lagu) band tersebut?
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut ini ada beberapa rincian untuk menjadikan  band yang saya besut agar sukses di blantika musik indonesia:

·         Menentukan tujuan
Memiliki tujuan yang jelas adalah hal yang paling utama dalam sebuah band yang ingin sukses. Dengan mempunyai tujuan yang jelas maka band tersebut dapat menentukan kearah mana band tersebut akan dibawa. Dalam industri musik persaingan sangatlah keras. Kebanyakan label rekaman, manager, produser musik enggan bekerja sama dengan band yang tidak jelas arah dan tujuannya. Mereka lebih memilih untuk bekerjasama dengan musisi yang memiliki tujuan yang jelas dan cekatan.

·         Mempunyai identitas dan ciri khas dalam Bemusik
Ciptakan ciri khas band . Yang dilihat orang dari sebuah band selain musik, penampilan para personil band itu dan aksi di panggung juga sangat dilihat. Ciptakan sendiri trademark band agar mudah dikenali oleh orang-orang.

Langkah selanjutnya ialah memperkenalkan band ini kepada masyarakat luas. Bisa diawali dengan mengcover lagu milik orang lain, dan apabila sudah terkumpul beberapa lagu ciptaan sendiri, bikin demo. Rekam lagu di studio rekaman (yang sekarang ini banyak sekali studio rekaman yang terjangkau) dan mempromosikan band dengan cara berikan demo ke radio-radio lokal. Atau bisa juga menyebar lagunya di internet. Dan bisa juga membuat website official atau bikin account band di situs jejaring social seperti facebook dan myspace (dalam situs ini bisa dimasukan lagu demo tersebut).

b) Langkah apa yang anda lakukan untuk mengembangkan band tersebut?

Langkah berikutnya untuk bisa mengembangkan band ini, yang pertama terus ”Latihan” dengan sungguh-sungguh dan banyak mendengarkan lagu-lagu, agar kualitas musik bertambah baik. Lalu mencari tahu tentang berbagai pengetahuan tentang bisnis musik, jangan sekali-sekali beranggapan kalau kita mengerti semuanya, cari tahu! Jika kita berfikir akan tahu dengan sendirinya nanti. Kita benar, memang begitu, tapi ini terjadi setelah kita tersandung dan jatuh berkali-kali. Jauh lebih pelik dari yang kita bayangkan! Memang asyik-asyik saja belajar sambil mempraktekannya, tapi jangan sampai belajar dari kesalahan yang terjadi berkali-kali, dong! Ini sangat memakan waktu dan sangat menyakitkan bagi diri kita sendiri tentunya. Carilah fakta-fakta dan pelajari bisnis ini dengan cara yang benar!

Langka selanjutnya yaitu Serius dalam bermusik, maksudnya disini jangan hanya menganggap bermain musik hanya sekedar hobby saja maka selamanya akan seperti itu atau dengan kata lain band ini tidak dapat berkembang dan sukses dalam merintis sebuah karir band. Dalam bermusik seriuslah dalam menjalaninya, karena dalam bermusik yang serius dan total maka jalan menuju kesuksesan akan didapatkan. 
Selanjutnya membuat  komitmen. Komitmen merupakan hal yang paling pokok dan penting dalam membangun sebuah band menuju kesuksesan. Dengan berkomitmen maka segala rintangan atau kesusahan yang melanda band akan diterima dengan ikhlas untuk dijadikan bahan pembelajaran bukan sebagai masalah yang kemudian membuat menjadi menyerah. Dalam hal ini yang penting adalah masa depan bukan masa lalu. Jadi dengan mempunyai komitmen yang jelas dan teguh maka sungguh pintu menuju kesuksesan dapat diraih dalam bisnis musik.

Langkah selanjutnya harus Maksimal. Maksimal adalah kunci dari kesuksesan sebuah band. Kalau ingin menjadi band terkenal jangan pernah setengah-setengah dalam segala hal. Sebagai contoh apabila ingin manggung di acara musik, harus memperhatikan kostum dan aksi panggung buat band semenarik mungkin agar orang banyak dapat mengenal band kita. Tentunya kualitas bermusik juga harus maksimal karena pada akhirnya kualitas musik jugalah yang menentukan band kita nantinya. Kebanyakan band-band yang sudah terkenal bahkan yang sudah mencapai titik kejayaan berpendapat maksimal adalah kunci untuk mencapai semua itu.
Dari uraian diatas memang mudah untuk dipahami, namun terkadang terasa sulit ketika dijalani. Dengan didasari kesabaran, konsisten, dan ketekunan. Yakinlah maka apa yang menjadi mimpi-mimpi dan citamu dapat diraih yakni menjadi band yang sukses dan bahkan mencapai titik kejayaan.

c) Solusi apa yang anda lakukan bila lagu itu sudah "bosan" di dengar orang

Suatu saat nanti setiap manusia pasti akan mencapai titik kejenuhan. Baik itu dalam aktifitas sehari-hari atau kegiatan lainnya termasuk mendengarkan musik. Jika lagu yang kita pasarkan sudah cukup lama diperdengarkan kepada publik dan direspon secara baik, dan lambat laun masyarakat mulai bosan dengan lagu yang itu-itu aja, kita harus terus berkarya. Terus dan terus membuat karya lagu yang berkualitas . Untuk single andalan berikutnya untuk diperdengarkan di publik. Dalam membuat lagu baru ini kita bisa ”agak” sedikit keluar dari genre biasanya, agar masyarakat tidak melulu mendengarkan genre yang itu-itu aja. Dan ini pun juga harus di iringi dengan perkembangan industri musik di Indonesia, biar band ini tetap bisa diterima di hati para pendengar setia musik band ini.

d) Tanggapan saya sendiri tentang “Platinoem band”
 
Tanggapan serta analisis saya tentang “Platinoem Band” bisa dilihat dalam 4 analisis video clip yang telah saya lakukan, berikut linknya saya sertakan di bawah ini.
  1. Analisis video clip 1, Watch “platinoem.mp4″ on YouTube
  2. Analisis video clip 2, Watch “Platinoem Biarkanlah” on YouTube
  3. Analisis video clip 3, Watch “PLATINOEM_the winner.mp4″ on YouTube
  4. Analisis video clip 4, Watch “Platinoem ft Rindu AFI - Indah” on YouTube
Dari analisis diatas diambil kesimpulan bahwa banyak sekali nilai-nilai etika yang perlu dicermati dalam bermusik, khususnya sebuah band. Salah satunya yaitu Etika “penggunaan lagu orang lain” oleh band yang seharusnya membutuhkan izin si-pencipta lagu dan memberikan royalti kepadanya. Namun karena di sini Mas Yovie Widianto sudah menghandle Platinoem dan menggandeng mereka dalam Yovie Widianto Music Factory, maka hal tersebut tidak menjadi permasalahan lagi.

Sumber : Youtube.com

Nama : Yusuf Maulana Malik Ibrahim
Kelas   : 4EA11
Npm    : 16209431

Analisis video clip 4 "platinoem band"



Di sini saya akan menganalisis sebuah video clip dari sebuah band, yaitu “platinoem band”, untuk mengetahui bagaimana karakteristik band tersebut. Tujuan saya menganalisis video clip tersebut sebagai acuan saya untuk menjadi seorang manajer band. Di video clip yang keempat ini lagunya kembali merupakan ciptaan band platinoem itu sendiri.

indah : Watch "Platinoem ft Rindu AFI - Indah" on YouTube - 

Berikut analisis dari video clip di atas
  1. Dari segi vocal : suaranya lumayan bagus, cocok untuk masuk pasar industri musik Indonesia yang rata-rata cirri khas vocalnya seperti band platinoem ini
  2. Dari segi aransment: aransmentnya baik, isi lagunya pun setara dengan lagu-lagu sebelumnya
  3. Dari segi konsep video clip: konsep dari video clip yang terakhir ini sejalan dengan makna dari isi lagunya, jadinya kita bisa langsung terhenyak dan terbawa bila melihat video clip ini
  4. Dari segi genre musik: dalam video clip ini, lagu memang lebih menekankan pada karakteristik vokalistnya yang menjiwai lagu dengan aransment musik yang tidak terlalu dominan.
  5. Dari segi etika: Sepertinya pada tahun 28 Januari 2008 waktu video ini di upload dibandingkan dengan tahun 2010 terjadi pergantian personil band dan label , pergantian personil dan label secara etika harus dilakukan secara baik-baik dan meninggalkan kesan yang mendalam sesuai dengan kontrak yang telah disetujui band dan juga major label di dalamnya agar tidak terjadi masalah dan kesalahpahaman.
Dari analisis pada video ini, menurut saya lagu ini kurang meledak dipasaran oleh karena faktor pengetahuan musik mungkin dengan chord yang kurang meresap dihati para pendengar musik.

Analisis video clip 3 "platinoem band"



Di sini saya akan menganalisis sebuah video clip dari sebuah band, yaitu “platinoem band”, untuk mengetahui bagaimana karakteristik band tersebut. Tujuan saya menganalisis video clip tersebut sebagai acuan saya untuk menjadi seorang manajer band. Di video clip yang ketiga ini lagunya kembali merupakan ciptaan band platinoem itu sendiri.

the winner : Watch "PLATINOEM_the winner.mp4" on YouTube - 
Berikut analisis dari video clip di atas
  1. Dari segi vocal : suaranya lumayan bagus, cocok untuk masuk pasar industri musik Indonesia yang rata-rata cirri khas vocalnya seperti band platinoem ini.
  2. Dari segi aransment: di dalam lagu ini arransmentnya cukup bagus, dan lagu ciptaan yang kedua ini lumayan enak dan ternyata lagu ini menjadi lagu hitz dan lagu andalan band platinoem ini, serta dijadikan soundtrack sebuah film layar lebar.
  3. Dari segi konsep video clip: konsep dalam video clip ini terbilang yang paling bagus, karna alurnya dimana seseorang di tuntun untuk menjadi pemenang, sehingga memotivasi untuk menjadikan pribadi diri menjadi lebih baik lagi.
  4. Dari segi genre musik: Dari video clip ini, lagu memang di aransment dengan dinamika yang lebih cepat (up) untuk memacu motivasi kita untuk menjalani hidup, khususnya orang-orang muda.
  5. Dari segi etika: Banyak pesan moral yang tersampaikan
  • Banyak orang yang menjadi model dalam video ini seperti NUGRA AKBARI, RIZKA FERIYANI, AHMAD FUADI menyampaikan pesan secara tidak langsung bahwa kita itu bisa menjadi apa saja yang kita bisa selama kita mau untuk melakukannya. Jangan lupa perjanjian dengan model video clipnya sesuai dengan etika berbisnis
  • Sepertinya pada 21 Desember 2010 waktu video ini di upload dibandingkan dengan tahun sebelumnya 2008 terjadi pergantian personil band dan label , pergantian personil dan label (yang sekarang Sony Music Entertainment Indonesia dengan Yovie Widianto Music Factory) secara etika harus dilakukan secara baik-baik dan meninggalkan kesan yang mendalam sesuai dengan kontrak yang telah disetujui band dan juga major label di dalamnya agar tidak terjadi masalah dan kesalahpahaman.
Dari analisis pada video ini, menurut saya semuanya sudah baik, Menurut saya aransment lagu serta video clip yang ketiga dari band Platinoem ini sudah dikemas dengan cukup menarik.

Analisis video clip 2 "platinoem band"



Di sini saya akan menganalisis sebuah video clip dari sebuah band, yaitu “platinoem band”, untuk mengetahui bagaimana karakteristik band tersebut. Tujuan saya menganalisis video clip tersebut sebagai acuan saya untuk menjadi seorang manajer band. Di video clip yang kedua ini lagunya sudah merupakan ciptaan band platinoem itu sendiri.

biarkanlah : Watch "Platinoem Biarkanlah" on YouTube - 
  1. Dari segi vocal : suaranya lumayan bagus, cocok untuk masuk pasar industri musik Indonesia yang rata-rata cirri khas vocalnya seperti band platinoem ini
  2. Dari segi aransment: sudah bagus, karena aransment lagu ini mungkin di bantu sama manajernya, yaitu Mas Yovie Widianto. Sehingga menjadikan lagu ini easy going dan mudah diterima oleh telinga kebanyakan masyarakat pada umumnya
  3. Dari segi konsep video clip: dalam konsep video clip ini alur ceritanya nge’na banget ke inti dari isi lagu tersebut, dan di video clip ini juga mengambil model yang cantik  :D yang sudah cukup terkenal di layar televisi, jadi tidak membuat bosan bila di tonton berulang kali , hehe
  4. Dari segi genre musik: genre musik dalam lagu ini pun masih sama dengan lagu yang pertama, dimana masih mengusung genre pop
  5. Dari segi etika: Memang ini hal yang kecil dan tidak terlalu diperhatikan, namun dalam etika “berbicara” dalam musik dan penggunaan lirik yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi pola pikir para pendengar lagu ini, dalam penggunaan lirik “ku cumbu bayangmu kasih” mungkin bisa diganti dengan “kurindu bayangmu kasih”
Dari analisis pada video ini, menurut saya semuanya sudah baik, hanya saja, kalau bisa satu lirik “cumbu” di ganti dengan “rindu” karena etika “berbicara” dalam bermusik itu masih ada. Menurut saya aransment lagu serta video clip band Platinoem ini sudah cukup bagus.